Minggu, 25 Maret 2012

setting lingkungan bermain pendidikan anak usia dini

1.      Set outdoor
Keterangan gambar ruangan,  terdiri dari :
a)      Empat ruang Kelas
b)      Ruang kepala sekolah
c)      Kantor
d)     Dua ruang kamar mandi
e)      Mushola
f)       Dapur
g)      Kamar /ruang ganti
h)      Gudang
Keterangan gambar alat permainan outdoor, terdiri dari :
a)      Jungkat jungkit
b)      Komidi putar
c)      Papan luncur dan panjatan
d)     Bak pasir dan air
e)      Ayunan
f)       Area bersepeda
g)      Panggung kreasi
h)      Jembatan dan kebun sekolah
i)        Kolam renang
j)        Bendera
Semua alat main out door tidak tampak terlihat dari depan sekolah, ini karena agar setiap orang yang melihat dari luar/masyarakat atau calon anak didik  agar dihinggapi rasa penasaran untuk melihat dari dekat dan masuk kedalam sekolah untuk melihat atau sekedar bertanya. Ketika mulai memasuki gerbang sekolah sudah terlihat bahwa kelompok bermain yang ini adalah tidak mengecewakan dari tampilan luarnya. Sehingga mereka akan semakin penasaran untuk ruang kelas dalamnya.
Jungkat jungkit, komidi putar, papan luncur dan panjatan, bak pasir dan air serta ayunan diletakan sejajar depan ruang kelas ini karena agar semua kegiatan anak pada saat bermain dengan alat-alat main itu napak terlihat jelas oleh guru atau orang dewasa disekitarnya, hal  ini juga disebabkan apabila ada kegiatan yang dirancang oleh guru tidak terpatok pada alat main yang didalam saja alat main yang diluar juga bisa dimasukan kedalam kegiatan pembelajaran  sehari-hari.
Selanjutnya kenapa ada area bersepeda, ini adalah menyatukan permainan anak dirumah dan disekolah, sehingga bermain disekolahpun layaknya bermain dirumah diharapkan anak akan selalu rindu dengan lingkungan sekolah. Lintasan sepeda dibuat didepan alat main jungkat jungkit ini karena menciptakan lingkungan main yang beragam dan luas.
Selanjutnya panggung kreasi, kenapa panggung kreasi dimasukan kedalam alat main anak, karena panggung kreasi adalah wahan dimana anak dapat berkreastivitas pada saat hari-hari tertentu dan kreativitas tersebut diapresiasikan kepada khalayak ramai.
Lalu terdapat kolam renang dipinggir mushola, letaknya agak terhalang oleh panggung kreasi dan mushola ini supaya mengindari hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk menjaga keamanan, supaya anak tidak langsung ingin kekolam renang setiap hari. Karena kolam renang digunakan pada waktu tertentu saja.
Ditengah-tengah sekolah terdapat bendera ini supaya sekolah kelompok bermain ini juga merupakan lembaga pendidikan seperti lembaga pendidikan lainnya, menciptakan kesan bahwa kelompok bermain juga memiliki poisisi yang sama senbagai lebaga pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu juga menanamkan kepada anak untuk cinta tanah air dan mengenlakan jati diri bangsa indonesia sejak dini.
Dibelakang sekolah terdapat kebun sekolah yang memakai jembatan, ini supaya menciptakan suasana rekreasi. Jadi adakalanya kegiatan itu anak diajak untuk berkebun, menyiram tanaman, mencintai lingkungan dan sebagainya.
Semua penataan lingkungan bermain ini berada dalam satu sekolah yang di pagari agar menciptakan lingkungan aman dan nyaman supaya kegitan disekolah benar-benar dapat menstimulus anak mencapai perkembangan yang optimal.

2.      Set alat main indoor
A.    Keterangan gambar alat bmain indoor, terdiri dari :
a)      Sentra persiapan
b)      Sentra makro dan mikro
c)      Sentra bahasa
d)     Sentra keagamaan
e)      Sentra balok
f)       Sentra seni
Semuanya alat main telah dimasukan kedalam sentra sentra tersebut sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Ditata letak sentra tersebut di pinggir-pinggir kelas supaya tercipta lingkungan yang luas didalamnya. Semua ukuran luas sentra sama kecuali sentra keagamaan karena sentra ini menjadi sentra terpenting supaya peletakan dasar-dasar keimanan lah hal yang utama.
Ditengah diciptakan tempat duduk melingkar agar tidak hanya diam dikursi saja. Hal ini agar kegiatan tidak kaku, bisa sambil dudul-duduk ditengah pada saat kegiatan klasikal
B.     Keterangan alat pendukung kelas lainnya :
Rak sepatu, rak tas, tempat air minum,kursi dan meja anak, kursi dan  meja guru, lemari di letakan disamping sentra-sentra supaya menjadi pendukung kegiatan pada saat pembelajaran berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar